Creative Menurut Yogazworld

Thursday, May 01, 2014 teset 2 Comments


Alhamdulillah, saya berkesempatan main ke sini lagi dan ngeshare sesuatu, tapi apa yang di share kali ini? *ala Dora the Explorer* Ya betul \ :v / yang di share kali ini yaitu mengenai apa sih "Creative" Dimata Yogazworld itu~?? mungkin bisa saja buah strawberry, pisang, apel, melon, cherry, jeruk, kiwi, persik ataupun avokado *fansnya AKB48* tau maksudnya \ :v / hehehe, ia kata Creative sendiri itu telah di artikan oleh banyak orang dengan banyak arti yang berbeda, nah dan ini artinya menurut Yogazworld
ceritanya lagi creative dan punya ide

Ok, sebelum kita masuk ke topiknya, kita bahas dulu soal gambar diatas, nih Qiwil dan Aminah sedang membahasnya..
Q : A, kok gambarnya ada orang pake jas, tapi kepalanya bola lampu? dia botak licin ya?
A : ya gak lah, itu cuma kiasan saja, sebagai contoh, mengapa kartun 90's itu jika mereka mendapatkan ide atau cara melakukan sesuatu selalu muncul bola lampu di atas kepala mereka? Itu maksudnya mereka mendapat pencerahan/keputusan ( terangnya lampu ) dalam pemikiran mereka, kurang lebih seperti itu.
Q : oh jadi yang ada dikartun To* & Jer*y , dan kartun kartun lain maksudnya seperti ini, yaudah deh, makasih Aminah.
A : ok sama sama.
Ya, jadi itulah maksud dari gambar diatas untuk yang belum tau, yang udah tau yaudah gausah sewot \ :v /.
Ok, Creative/Kreatif apa sih itu? 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia :
(1) Memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan
(2) Bersifat (mengandung) daya cipta.
Sehingga pengertian kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta; daya cipta (Kamus, Olson, 1992:11).

Sedangkan menurut Yogazworld : 
"Creative" adalah saat dimana kita dapat menghasilkan sesuatu dengan kemampuan dan pemikiran kita sendiri yang memiliki arti atau seni yang membuat perasaan menjadi bangga.
Panjang ya.. Itu definisi lengkap menurut Yogazworld, dan mungkin singkatnya adalah Creative dimana kita sebagai penghasil ide yang berseni. Ya seperti itulah "Creative" dimata Yogazworld secara singkatnya, lalu apa saja yang membuat seseorang bisa dikatakan Creative atau seperti apa orang yang Creative itu? Ini jawabannya menurut Yogazworld

1  .Tidak Meniru
Ya tepat sekali, Tidak Meniru, kenapa? karna sudah jelas MENIRU itu tak bisa dikatakan Creative lagi, meskipun menggunakan tutorial juga meniru, tapi tutorial itu sebaiknya kita gunakan sebagai Inspirasi saja, maksudnya adalah meskipun kita mengikuti style seseorang dengan alasan "Inspirasi" sebaiknya bahkan seharusnya kita mengubah style yang kita jadikan Inspirasi itu ditambah dengan gaya/style kita sendiri, jadi terciptalah karya yang baru, meskipun menggunakan tutorial.

2  .Berani Membuat Keputusan
Mungkin ini hal tersulit yang dialami oleh saya untuk menjadi "Pure Creative" kenapa? karna setiap keputusan itu pasti ada hasil dan ada resikonya, dan jika kita terus terjebak pada resikonya, kita takkan mendapatkan hasil dari sebuah keputusan yang telah kita buat, jadi hanya saran, sebelum kalian membuat keputusan, sebaiknya dipikirkan secara bulat bulat, dan lebih baiknya lagi minta saran dan pendapat kepada orang orang terdekat anda.

3  .Adanya Pengorbanan
Kenapa harus ada pengorbanan? Jawabannya karna tiada 1 halpun yang instan, mie instan aja harus direbus dulu, bahkan lahirnya manusia juga ada prosesnya *ifyouknowwhatimean* itu contohnya, dalam sebuah usaha untuk menjadi kreatif, kita pasti mengorbankan waktu untuk berpikir, uang untuk belajar contohnya untuk membeli buku untuk tambahan ilmu, kewarnet untuk cari cari inspirasi dan nambah ilmu juga, dan perasaan juga sangat dikorbankan, kenapa? Alasannya adalah, contoh jika kau gagal, pasti ada rasa kesal atau ketidakpuasan kan? juga saat karyamu dihina, pasti juga mengorbankan perasaan, itu sebabnya perasaan juga termasuk.

4  .Berani Salah
Ini salah satu yang paling penting, yaitu Berani Salah, *loh kok salah paling penting* ia karna jika kita telah salah pada masalah yang sama, kita takkan jatuh ke masalah itu lagi, kita tau cara melewati masalah itu dan mencari jalan keluar, jika kau salah terus, itu bukan masalah, semua kesalahan itu manusiawi , tak ada manusia yang sempurna, bener kan? jadi maksudnya kesalahan yang kita buat itu adalah menjadi pengalaman agar suatu saat tak salah dalam masalah itu lagi, lalu berusaha mencari masalah baru dan memecahkannya.

5  .Berpikir Secara Luas
*Kok gambarnya didalam kotak ada orang?* Ya pasti ada beberapa dari kalian yang betanya soal itu, jawabannya adalah, anggap saja Kotak itu ruang lingkupmu yang sekarang, kau takkan bisa berkembang dan memikirkan ide secara lebih luas dan mendapat banyak inspirasi jika kau tidak keluar dari kotak itu (ruang lingkupmu) jadi kau harus berani keluar dari sana dan memulai hal baru dan berkembang dengan lebih banyak pengalaman.

6  .Saling Menghargai
Dan yang terakhir versi Yogazworld adalah Saling menghargai. Mengapa kita harus saling menghargai? inikan tidak ada hubungannya dengan kata "Creative"? Salah, ada hubungan antara Creative dan Respect, yaitu saat kita membuat sebuah karya, pasti ada yang menghargainya bukan? Dan saat seseorang membuat karya kita juga harus menghargainya, karna saat kita menghargai karya orang lain, orang itu akan senang, dan bisa menyupport/mendukung kita, dengan begitu secara tidak langsung terjalinlah kerja sama yang memudahkan kita untuk mencapai tujuan.

Banyak banget ya "seperti apa orang Creative" itu menurut Yogazworld.

Creative juga tahap pembelajaran untuk menjadi mandiri, jadi bisa menghasilkan sesuatu dan bisa menginspirasikan orang lain , dan sesungguhnya menutut ilmu atau belajar itu wajib dalam islam ini dia potongan dari surah Al Mujadalah ayat 11
Qs Al Mujadalah ayat 11:
يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ
Artinya : Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)


Dan tak lupa Hadist yang menyinggung tentang "Creative" dari Rasulullah SAW yaitu
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ النَِّبيُ صلى الله عليه وسلم : لاَحَسَدَ إِلاَ فِي اثْنَتَيْنِ : رَجُلٌ أَتَاهُ اللهُ مَا لاً فَسُِّلطَ عَلىَ هَلَكِتهِ فيِ الَحقّ ِ, وَ رَجُلٌ أَتَاهُ اللهُ الْحِكْمةَ فَهُوَ يَقْضِى ِبهَا وَيُعَلِمُهَا (رواه البجاري)
Artinya :Dari Abdullah bin Mas’ud r.a. Nabi Muhamad pernah bersabda :”Janganlah ingin seperti orang lain, kecuali seperti dua orang ini. Pertama orang yang diberi Allah kekayaan berlimpah dan ia membelanjakannya secara benar, kedua orang yang diberi Allah al-Hikmah dan ia berprilaku sesuai dengannya dan mengajarkannya kepada orang lain (HR Bukhari)

Nah jadi sudah tau kan, Apa arti "Creative" menurut Yogazworld, seperti apa saja orang "Creative" itu bahkan Ayat Al-Quran dan Hadist dari Rasulullah SAW yang menyinggung tentang menuntut ilmu/pembelajaran dan kemandirian/kekreatifan secara tidak langsung, jadi tunggu apa lagi? jadilah orang kreatif selanjutnya dan buat dirimu bangga ( 9 'w')9

Mungkin itu saja dari saya, maaf jika ada salah kata dan typo, saya manusia biasa, jika salah mohon maafkan karna itu manusiawi.
Dan ini juga akhir dari pembicaraan Qiwil dan Aminah~ (  'w')/

*Untuk Gambar itu dari File saya dan Google
*Untuk Artikel dari pemikiran saya sendiri
*Untuk Inspirasi dari pikiran saya yang kebetulan terlintas diotak saya

Well, i think it's enough, so thanks for visiting Yogazworld.


  と どうも有り難う御座います (  ^w^)~

You Might Also Like

2 comments:

  1. ini desainer campur ustadz sampe pake ayat alquran:'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia dong 8| belajar sama ustad guntur bumi 8|

      Delete